
“e-Business atau Electronic business dapat didefinisikan secara luas sebagai proses bisnis yang bergantung pada sebuah sistem terotomasi. Pada masa sekarang, hal ini dilakukan sebagian besar melalui teknologi berbasis web memanfaatkan jasa internet. Terminologi ini pertama kali dikemukakan oleh Lou Gerstner, CEO dari IBM.”
bayangkan saja betapa menariknya E-bussiness itu,selama masih ada yang namanya koneksi internet.segala aktifitas bisnis bisa dijalankan,tidak peduli waktunya siang,malam,sore atau bahkan pagi-pagi buta sekalipun!!!
Contohnya,bila kita mempunyai barang yang bisa dijual,sekarang tidak perlu mengeluarkan keringat untuk buka lapak di pasar senen ataupun untuk menyewa toko di mangga dua dengan harga selangit,cukup dengan media elektronik seperti internet,telepon/handphone,email dll semua aktifitas bisnis bisa dijalankan dengan sangat mudah…di zaman yang serba cepat sekarang ini,semua orang sudah mulai meninggalkan cara-cara yang sulit untuk melakukan transaksi…seandainya ada cara yang lebih mudah?untuk apa kita persulit?
Dari sisi konsumen bila ingin melakukan pembelian apapun,sekarang ini juga tidak perlu bersusah payah lagi berpanas-panas ria sampai meleleh atau berjam-jam terkena macet di jalan hanya untuk membeli handphone,komputer atau baju dan sepatu sekalipun..semuanya sudah bisa dilakukan lewat penggunaan internet baik itu melalui handphone atau komputer….mau pesan makanan???caranya gampang!!! tinggal sms atau telpon,dan beberapa saat kemudian pesanan itu akan datang kealamat yang dituju,begitu pesatnya teknologi zaman sekarang ini.
Dari sisi penjual juga sama menguntungkannya…cukup memasang iklan lewat internet kemudian membuat website semenarik mungkin dengan gambar menggoda dan kemudahan cara bertransaksi…atau kirim iklan lewat email…kemudian dengan cara itulah mereka menjalankan bisnisnya dari rumah masing-masing….hal ini juga berlaku untuk perusahaan-perusahaan dalam memperkenalkan produk-produk yang mereka miliki.cukup menunggu orderan yang datang,cukup hebat bukan perkembangan teknologi saat ini,,??!!

Sayangnya kegiatan E-Business terbatas hanya untuk orang-orang yang mengerti atau mengikuti perkembangan teknologi saja…karena tidak semua orang benar-benar bisa mempergunakan kecanggihan teknologi untuk memudahkan transaksi bisnis mereka…walaupun demikian menurut sebuah survey….ternyata pengguna internet di indonesia sudah mencapai kurang lebih 25 juta pengguna…wow sebuah angka yang fantastis ya..hanya saja pengguna terbesar disinyalir berasal dari Jabodetabek….
dapat dilihat dong dari data ini berarti indonesia mempunya peluang yang cukup bagus di bidang E-business….sangat disesalkan tidak semua daerah di indonesia bisa menikmati kemudahan bertransaksi karena terhalang infrastruktur yang ada.semoga saja 5-10 tahun kedepan setiap daerah yang terpencil di indonesia sudah bisa menggunakan teknologi dalam setiap transaksi mereka ..oh iya selain itu tidak semua orang bisa menggunakan internet..jangankan menggunakan internet…yang belum bisa mengoperasikan komputer saja masih banyak benar-benar kenyataan yang mengenaskan!! padahal bila semua kegiatan bisnis bisa diubah menjadi kegiatan e-business sepertinya akan menjadi sesuatu yang menyenagkan untuk banyak pihak.bayangkan saja kalau para ibu-ibu dan pedagang membeli sayur saja bisa lewat belanja online,ini juga akan membuat kerugian untuk pihak lain seperti pasar induk misalnya.
efek dari inet Kekurangan lainnya adalah calon pembeli tidak melihat langsung barang-barang yang akan mereka beli jadi bagi para calon pembeli diharap haraus hati-hati dalam memilih barang belanjaan lewat online…jangan seperti membeli kucing dalam karung..!!
Ada satu lagi kekurangan bertransaksi lewat internet,di Indonesia tidak semua ISP menyediakan koneksi yang lumayan cepat…terkadang untuk buka website saja kita perlu menuggu begitu lama…kemudian barau kan dimunculkan halaman websitenya .sedangkan kita belum melakukan transaksi tapi kita udah merasa tidak nyaman dengan lambannya koneksi itu seniri. tapi nantinya semua transaksi dilakukan melalui internet yang diakses dari rumah masing-masing,apakah ini membuat pasar modern(mall atau pasar swalayan) dapat menderita kerugian????!!!!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar